Subscribe for FREE daily Updates.
Senin, 18 Juni 2012

Bagaimana Proses Terbentuknya Petir ?

0 komentar
How did it Happen, Here is the Answer | Setelah saya  membahas Proses Terbentuknya Pelangi , berikutnya saya akan membahas bagaimana Proses Terbentuknya Petir

Proses Terbentuknya Petir | Here is the Answer
Proses Terbentuknya Petir | Here is the Answer

Penjelasan Proses terjadinya Petir

Petir atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di mana di langit muncul kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan biasanya disebut kilat yang beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar sering disebut Guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.



Petir merupakan gejala alam yang bisa kita analogikan dengan sebuah kapasitor raksasa, dimana lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat. Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan, dimana salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif dan mengalami perpindahan sehingga terjadilah petir.Perpindahan ini secara teratur dan bergerak terus menerus, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara Menurut batasan fisika, petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik berbeda. 

Besar medan listrik minimal yang memungkinkan terpicunya petir ini adalah sekitar 1.000.000 volt per meter.Ada beberapa metode untuk melindungi diri dan lingkungan dari sambaran petir. Metode yang paling sederhana tapi sangat efektif adalah metode Sangkar Faraday, yaitu dengan melindungi area yang hendak diamankan dengan melingkupinya memakai konduktor yang dihubungkan dengan pembumian.

And Finally


Begitulah kira kira Proses Terbentuknya Petir  
Semoga Artikel ini bermanfaat. Berikutnya saya akan membahas bagaimana  Proses Terjadinya Gempa Bumi di lain waktu yang akan datang.

Description: Bagaimana Proses Terbentuknya Petir ?
Rating: 4.9
Reviewer: Valiant gandys
Item Reviewed: Bagaimana Proses Terbentuknya Petir ?

Anda sedang membaca Artikel tentang Bagaimana Proses Terbentuknya Petir ?. Anda bisa menemukan Artikel Bagaimana Proses Terbentuknya Petir ? ini dengan URL http://hereisanswer.blogspot.com/2012/06/bagaimana-proses-terbentuknya-petir.html?m=0, Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Bagaimana Proses Terbentuknya Petir ? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Bagaimana Proses Terbentuknya Petir ? sebagai Sumbernya.

Do you like this story?

Get Free Email Updates Daily!

Follow us!

RSS Twitter facebook

Leave a Reply

 
Here is the Answer © 2012 DheTemplate.com & Main Blogger

Hereisanswer Tempat Artikel

Tips dan Trik